Tidak Dapat Kampus Impian? Hidupmu Belum Berakhir!

Ketika kamu sudah berusaha dan berjuang dengan keras, tapi tidak juga lulus di jurusan dan kampus impian? Ketika hal itu terjadi, sebaiknya cobalah kamu memikirkan alternatif lain, mungkin jurusan yang berbeda atau kampus yang berbeda adalah jalanmu untuk sukses di masa depan. Namun sebelumnya, apakah kamu benar-benar yakin kamu sudah berusaha dan berjuang untuk menggapai mimpimu tersebut?

Mungkin dulu kamu pernah bercita-cita untuk dapat kuliah di jurusan atau kampus favorit. Mungkin kamu sudah memimpikan bagaimana kamu nanti jadinya setelah lulus. Setelah lulus bakalan jadi ini, jadi itu. Alangkah indahnya memang, namun ketika gagal, sakitnya bukan main, apalagi kamu merasa sudah berusaha dan berjuang dengan keras.

Dulu awalnya saya bercita-cita menjadi seorang dokter. Dengan percaya dirinya saya hanya memilih jurusan kedokteran saja saat tes. Dan kampusnya pun saya tidak mau yang biasa saja. Kalau bukan kedokteran UI ya kedokteran Unpad. Saya menutup mata terhadap jurusan lain dan tidak mau tau dengan semua informasi tentang lulusan jurusan lain tersebut. Alhamdulillah, saat itu saya gagal dalam tes akibat tidak adanya persiapan dan tidak belajar dengan serius.

Sejak saat itu saya sadar, untuk menggapai mimpi memang butuh usaha dan perjuangan. Akhirnya saya memutuskan untuk belajar dengan sungguh-sungguh demi menghadapi tes masuk perguruan tinggi. Awalnya saya tetap berkeras ingin mengambil jurusan kedokteran di kampus ternama lagi. Namun alasan saya salah memang. Saya ingin masuk ke jurusan tersebut semata hanya karena gengsi.


Ditengah perjalanan, saya bersyukur mendapatkan pencerahan, saya mendapatkan informasi tentang jurusan-jurusan teknik, seperti bagaimana prospeknya, apa yang diperlajari, dan akan menjadi apa nantinya. Dan akhirnya saya menemukan jurusan yang memang sesuai dengan passion saya, semacam teknologi lah. Singkat cerita, akhirnya masuk lah saya ke STEI ITB, yang pada akhirnya saya masuk ke jurusan Teknik Informatika ITB (IF).

Pelajaran yang dapat diambil adalah, jadikan kegagalanmu sebagai pelajaran untuk kesuksesanmu di masa yang akan datang. Ketika kamu gagal pada masa lalu, kamu harus menyadari dan menjadikan pelajaran karena apa kamu gagal. Setelah itu cobalah untuk mengatasi masalah tersebut dan berubah agar tidak terjadi lagi kegagalan yang sama. Selain itu, perjalanan untuk menjadi sukses dapat melalui berbagai jalan. Jangan terpaku hanya pada satu alternatif saja. Semua orang memiliki jalan suksesnya masing-masing.
Tag : kuliah
0 Komentar untuk "Tidak Dapat Kampus Impian? Hidupmu Belum Berakhir!"

Back To Top